Sabtu, 01 Januari 2011

sistem pencernaan

 A1. MULUT DAN KERONGKONGAN (= Oesophagus)

Dimulut makanan kita mulai digiling (= dikunyah) oleh gigi dan kelenjar ludah yang mengeluarkan cairan yang mengandung enzim Ptialin yang dapat menguraikan Karbohidrat (= Hidrat arang) Kemudian makanan masuk ke-kerongkongan dan mulai diremas-remas menjadi adonan dengan cara gerakan peristaltik sampai menuju keujung klep lambung. 
A2. LAMBUNG

Letaknya disebelah bawah Tulang iga bagian bawah. Dilambung ini makanan dicampur dengan enzim pepsin, renin dan asam HCL Disinilah protein (a.l.daging) dan lemak (a.l.susu) dicema. Dalam keadaan normal makanan akan meninggalkan lambung dalam waktu 3-5 jam. Dilambung tidak ada yang diserap kecuali Alcohol.
A3. USUSHALUS.

Ukuran normal usus hafus adaiah 22 kaki atau ± 67 m panjangnya terdiri dari Duodenum (= usus 12 jari), jejenum (usus 10 kaki) dan ileum (usus ±12 kaki). Disini makanan dilanjutkan dicema lagi kemudian diabsorpsi (= diserap) Di -duodenum ini bermuara saluran Empedu dan saluran kelenjar Pancreas. Empedu mengeluarkan cairan empedu yang membantu mencemakan lemak dan dari pankreas keluar enzim-enzim Lipase, Protease dan AmHase yang masing-masing menguraikan lemak, protein dan amilum. 
A4. HATI

Hati atau Liver adalah organ tubuh yang paling besar dan beratnya ± 1,5 kg dan merupakan pabrik kimiawi yang sangat vital.

Tugas Hati :

- Dapat membah hampir semua bentuk zat.
- Dapat memusnahkan racun-racun (detoksifikasi)Sebagai tempat simpanan gula (glikogen) dan vitA/D.
- Dapat membuat enzim-enzim,kolesterol,protein,cairan empedu,dl.
A5. USUS BESAR (Colon) Di usus besar terjadilah dehidrasi (absorpsi air).

Makanan memerlukan waktu 12-14 jam untuk sampai kepada ujung usus besar yailu saluran Ano-rektal. Didalam usus besar ini befkumpul banyak sekali bakleri dan bahan-bahan yang lidak tercemakan seperti seiulosa.
A6. DUBUR (Anus)

Anus atau lubang dubur dilengkapi dengan otot yang dapat mengkerut-kerut(Sphincter) dan bersambung dengan Yongga Rektum serta belokan S yang disebut Sigmoid flexure terus keusus besar. Anus adalah tempat keluamya faeces (= najis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar